Modal 150rb jadi 15jeti..Mau?!

Membaca judul tulisan diatas..kira-kira bisa terwujud gak ya?? Pasti bisa asal masih punya sedikit kreativitas.

Tentu kita semua pernah menghadiri acara pernikahan bukan? Baik itu diundang atau kita sendiri yang mengadakannya. Tentu disetiap pernikahan sebelum para undangan memasuki acara terlebih dahulu mengisi buku tamu dan diberi souvenir oleh tuan rumah sebagai tanda ucapan terima kasih atas kedatangan kita dalam perayaan pernikahan mereka.

Nah kali ini tulisan saya akan membahas tentang usaha souvenir pernikahan yang semakin menjanjikan seiring dengan semakin bertambahnya acara-acara pernikahan yang membutuhkan souvenir sebagai tanda matanya.

 

MODAL

Usaha ini sama sekali tidak membutuhkan modal yang besar, karena bahan baku dari sebuah souvenir bisa didapatkan dari bahan-bahan sisa yang harganya sangat murah dan mudah diperoleh.Bahkan salah satu pengusaha souvenir di Jakarta Selatan yang memulai bisnisnya baru pada tahun 2007 lalu, mengaku hanya mengeluarkan modal awal sebesar Rp.150.000 saja, yang digunakan untuk membeli bahan baku seperti kayu bekas dan lem. Dan tahukah anda bahwa pengusaha itu mencapai break even point (balik modal) hanya dalam waktu 1 bulan saja serta hingga sekarang omset perbulannya mencapai 15 jeti!! Wow!!

 

PROSPEK BISNIS

Ok..sekarang mari kita lihat prospeknya.

Di daerah, peluang usaha ini masih terbuka sangat lebar terutama bagi yang ingin fokus pada jenis souvenir etnik khas daerah tertentu, misalnya souvenir gantungan kunci khas Kalimantan, souvenir topeng khas Jawa Barat dll. Selain itu kemudahan memperoleh bahan baku yang lebih murah juga menjadi keuntungan membuka usaha ini didaerah dibanding di kota-kota besar serta tentu saja dengan tingkat persaingan yang lebih sedikit.

 

WHAT U NEED

Usaha ini tentu saja membutuhkan keahlian dan kreativitas bagi pelakunya, tetapi tenang saja, menurut para pelaku usaha ini yang telah sukses menjalankannya. Keahlian dapat diperoleh dengan cara otodidak yang tidak terlalu rumit, apalagi jika anda hanya mencontoh sebuah souvenir yang sudah jadi dan sedikit memberikan modifikasi agar berbeda. Ditambah lagi pada saat ini sudah banyak buku-buku atau tempat kursus yang akan membimbing anda bagaimana membuat sebuah souvenir yang menarik. Sebagai informasi di yogyakarta ada sebuah tempat kursus membuat souvenir yang pelatihannya bisa jarak jauh lewat modul yang dikirimkan ke anda. Dijamin sampai bisa dan dengan harga kursus yang terjangkau yaitu hanya Rp.250.000 sampai Rp.400.000.

 

TIPS-TIPS

Ada beberapa tips untuk anda yang ingin sukses di usaha ini.

  1. Produk yang dibuat harus benar-benar efisien harga bahan bakunya, karena itu sebaiknya gunakan bahan-bahan baku sisa/bekas yang masih layak dipakai agar nantinya harga produk anda dapat ditekan.
  2. Ciri khas produk anda harus jelas, misalnya anda terbiasa menggunakan jenis-jenis warna tertentu atau tipe-tipe souvenir khas buatan anda. Sebaiknya sesuai dengan selera pasar.
  3. Jaga kepercayaan konsumen, bila anda menjanjikan akan mengirimkan produk anda pada tanggal tertentu yang disepakati, maka pastikan bahwa mulai dari proses produksi hingga pengemasan harus dapat selesai sebelum tanggal tersebut.
  4. ikuti pameran-pameran di daerah anda masing-masing, bahkan bila perlu hingga kedaerah lain untuk mengenalkan produk anda.

Akhirnya bila anda berminat, saran saya jangan tunda-tunda lagi, lakukan sekarang!! Dan tetap berdoa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: