Peluang Bisnis Internet : Jual Beli Domain

Mungkin sudah banyak blog yang mengulas tentang bisnis internet yang satu ini, tapi cuek ah…beda bahasa kan beda cara menginspirasinya hehehe (maksa..)

ok kita mulai saja…bisnis jual beli domain ini sebenarnya sudah ramai dimulai semenjak era keemasan dot com sekitar tahun 1998 sampai sekarang, sangat banyak manusia yang terlibat didalamnya sampai-sampai diperlukan organisasi yang mengatur tentang tata cara dan aturan-aturan tentang bisnis ini. (www.icann.org)

ups lupa…sebenarnya apa sih domain itu??  domain adalah serangkaian huruf yang membentuk kata dan memiliki arti yang digunakan sebagai alamat sebuah website di internet. Ada banyak extension bagi pemilihan sebuah alamat di internet ini contohnya .com, .net, .org, .biz dll. 4 contoh yang saya sebutkan itu adalah TOP LEVEL DOMAIN atau yang paling banyak digunakan secara umum. Selain itu ada juga yang disebut sebagai COUNTRY CODE TOP LEVEL DOMAIN seperti .co.id, .co.uk, .de dll. nah sudah mengerti kan??? ok lanjuuutttt…

Perputaran uang dibisnis ini sangat-sangat besar, sebagai gambaran domain sex.com terjual dengan harga 12 juta dollar!!! wow!! itu baru satu nama saja, bagaimana dengan yang lain?? wah jangan ditanya deh..pokoknya besar bgt!!!

Caranya??

pertama-tama kita harus tau aturannya dan tau seluk beluk bisnisnya, silahkan buka www.icann.org untuk aturan dan www.DNjournal.com untuk seluk beluk bisnisnya.

disitus DNjournal kita akan melihat sebuah link yang memuat informasi tentang penjualan domain dalam satu minggu terakhir ini disemua ekstensionnya, terdapat 20 penjualan terbaik yang tercatat setiap minggunya. Jangan kaget bila melihat harga-harga domain yang berhasil terjual di situs ini, fantastis!!! dengan melihat harga itu anda mungkin sudah berkhayal tentang berapa banyak uang yang bisa anda dapat hehehe..

Selain itu ada satu situs lagi yang sangat bermanfaat untuk lebih mendalami bisnis ini, silahkan buka www.NameNewbie.com, disitus ini anda akan belajar banyak tentang industri domain ini, bagaimana cara memilih nama domain, mengetahui nilai sebuah domain hingga proses registrasinya.

Selanjutnya silahkan anda merenung hehehe… maksudnya silahkan mencari-cari sebuah nama yang sekiranya memiliki nilai untuk dijual sebagai domain. kalau sudah ada, gunakan beberapa alat bantu untuk dapat menilai seberapa tinggi sebuah nama yang anda pilih tadi..caranya mudah kok, minta saja bantuan paman google atau gunakan Overture Sugestion Tools di alamat :http://inventory.overture .com/d/searchinventory/suggestion

Ketikkan nama bakal domain yang anda pilih, lalu anda akan disuguhkan data tentang berapa banyak jumlah pencarian yang berhubungan dengan nama bakal domain anda tadi. mudah bukan??

Untuk mengetahui apakah nama domain yang anda pilih sudah ada yang punya atau belum, silahkan cek di www.NetCheap.com. Bila nama yang anda masukkan belum ada yang punya, maka anda bisa langsung mendaftarkan untuk anda miliki. Harganya?? tidak mahal kok..bila dirupiahkan sekitar 80-100 rb untuk domain .com, sedangkan yang lainnya bisa lebih murah lagi.

Pasarnya??

Setelah anda memiliki sebuah nama domain, maka selanjutnya anda harus mendaftar ke situs-situs lelang khusus domain. Ada banyak pasarnya, beberapa yang paling ramai adalah Sedo.com, Pool.com, AfterNIC.com.

Dipasar tersebut selain tempat untuk menjual, anda juga bisa membeli sebuah domain tentunya anda harus terdaftar dulu sebagai pedagangnya. oya..bila anda sudah memasukkan domain anda disalah satu situs untuk dilelang, maka anda tidak dapat lagi mendaftar disitus lelang lainnya untuk melelang domain yang sama, karena ini berhubungan dengan komisi yang menjadi hak salah satu situs lelang.

oya..satu lagi..situs-situs lelang yang saya sebutkan diatas tidak gratis..dan setau saya sampai saat ini tidak ada situs lelang domain yang pendaftarannya gratis, kecuali anda iklankan domain anda di iklan-iklan baris yang gratisan, tapi tentu saja nilainya akan turun atau bahkan gak laku-laku..kasian deh hihihi…

udah dulu ya..kalau masih ada yang ditanyakan silahkan langsung comment aja…anda serius bisa-bisa kaya mendadak nih…bagi-bagi lho..awas ga hehehehe…

9 Komentar

  1. safruddin noor said,

    Juni 27, 2008 pada 7:07 am

    he..he..he..
    Terimakasih sudah mampir di blog saya. Saya sependapat dengan Anda dan kita bisa jadi satu aliran. Saya lagi cari tambahan penghasilan yang nggak bikin cape nih, istilah kerennya passive income (kalo nggak salah mas ya tulisannya). Saya sih berhayal jadi Bill Gates atau apalah, tinggal nunggu di rumah sambil merem tapi dollar masuk terus kekocek. he…he..he.. berkhayal bolehkan…
    Salam dari saya Mas..

  2. indi9o said,

    Juni 27, 2008 pada 7:18 am

    pasti bisa mas…!!! tapi moga-moga gak sampai harus drop out kaya om Bill ya mas..hehehe.
    tapi ada istilah begini mas..lulusan s3 jadi ilmuwan, lulusan s2 jadi dosen, lulusan s1 jadi karyawan..tapi lulusan sd, smp atau smu jadi bos..wah moga2 itu ga ditelan mentah-mentah sama orang-orang ya mas…bisa gawat!! hehehe…

  3. erd said,

    Agustus 23, 2008 pada 1:41 pm

    belum ngerti nih mas.. kalo kita mau jual domain kita.. apakah yg harus kita berikan ke pembeli jika harga telah disetujui???
    apakah hal ini sudah diatur oleh sedo.com atau Pool.com
    http://abcarea.com

  4. p3durungan said,

    September 30, 2008 pada 8:47 am

    Masih blon punya modal dan pengetahuan untuk ikutan maen. Jadinya tunggu dulu deh😀

  5. November 2, 2008 pada 4:54 am

    terimakasih info nya!🙂

  6. ipin said,

    Maret 2, 2009 pada 3:03 am

    mas,,mau jual domain donotclick.org
    #1 google.com bukan google.co.id dengan keyword articles news reviews

    email saya abdularifin77@gmail.com

  7. siyamadi said,

    Oktober 18, 2009 pada 10:56 am

    bingung ya…….

  8. Januari 7, 2010 pada 11:02 am

    Artikel keren….
    inspiratif …

    tx a lot

  9. Sahar said,

    Maret 8, 2010 pada 7:46 am

    artikel yang sangat menarik. salam kenal mas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: