peluang Bisnis Internet : Hasil dari sensitif dan Peka..

Hari ini sebenarnya saya lagi malas posting, soalnya lagi keseret banyak nih di account real trader saya, jadi bawaannya bete plus emosi hehehe…tapi tenang saja tulisan saya kali ini bukan mau marah-marah kok.

sekitar jam 8 pagi ini saya di sms oleh teman kuliah saya dulu, wah surprise nih..udah lama ga ketemu, kebetulan dia lagi ada di malang sekarang..singkat kata janjian ketemu deh.

Ternyata pertemuan saya kali ini bukan sekedar pertemuan basa-basi biasa, surprise dua kali!! teman saya ini benar-benar memberikan inspirasi baru lagi bagi saya..tentunya di dunia bisnis.

Cerita punya cerita..Teman saya ini (panggil saja “Dev”) disibukkan dengan bisnis barunya di internet..dan hebatnya, itu semua berawal dari keisengan katanya..tapi bagi saya itu hasil dari kepekaan dia yang luar biasa.

Apa sih bisnisnya?? si Dev ini hanya bekerjasama dengan para pengrajin di daerahnya untuk memasarkan hasil dari kerajinan mereka lewat internet..yup cuman itu saja…selama kurang lebih satu tahun ini si dev sudah berhasil melakukan ekspor sebanyak 6 kali dengan total transaksi mencapai 300 juta lebih (wow!!) tapi sayangnya ia kurang mau berbagi berapa keuntungan bersih yang ia terima dari total transaksi sebesar itu..ah!! tapi itu tidak terlalu penting, terima 10%nya pun saya pikir sudah cukup buat makan enak tiap hari..tull gak??

bagaimana sih awalnya??? si dev bilang awalnya ia hanya jalan-jalan di internet (browsing) dan mengunjungi salah satu forum lokal tentang daerahnya sendiri..di salah satu posting ia membaca bahwa sebentar lagi akan diadakan pameran kerajinan di kotanya, singkat kata..si dev berkunjung ke pameran tersebut bersama sang pacar (cieee..).

Singkat kata lagi..selain membeli kerajinan yang dipamerkan, si Dev juga mengajak para pengrajin itu untuk bekerjasama..Dev hanya membantu memasarkan produk mereka dengan membuatkan situs internet yang semua biaya pembuatannya akan ditanggung oleh dev. sedangkan barang kerajinan akan disiapkan oleh pembuatnya bila ada pemesan.

mengenai harga jual, dev bersama pengrajinnya sepakat untuk menaikkan harga jual di internet sebesar 10 % dari harga reguler bila datang langsung ke pengrajinnya (misalnya harga jual di tempat pengrajin seharga 100rb, maka di internet harganya menjadi 110rb plus ongkos kirim) nilai 10 % itulah yang menjadi keuntungan si dev, ditambah lagi komisi bila jumlah barang yang dipesan mencapai jumlah tertentu yang telah disepakati. 

singkat kata lagi..si dev jadi jutawan baru deh hehehe…

hingga bulan ini ia telah merangkul sekitar 20 pengrajin di daerahnya, bahkan terakhir ia sedang melakukan nego kepada salah satu pengrajin yang membuat pesawat terbang!!! yup benar-benar pesawat-bukan mainan atau miniatur- pesawat ini tanpa mesin..digunakan hanya untuk olahraga kedirgantaraan saja dengan 2 awak.

modal yang dibutuhkan dari bisnis perantara seperti ini sama sekali tidak besar..paling-paling anda hanya menyiapkan dana paling banyak 1 juta sampai 1,5 juta untuk membuat situs yang benar-benar berkualitas, setelah itu anda mutlak hanya membutuhkan sebuah strategi untuk mengenalkan situs anda yang caranya banyak sekali berserakan di internet (minta bantuan paman google dong..). oh ya lebih baik lagi bila situs anda memiliki 2 bahasa pilihan yaitu indonesia dan inggris (lebih baik lagi kalo mandarin atau jepang juga ada). setelah itu…beres deh…siap-siap kebanjiran pesanan terutama buat di ekspor.

selesai..belum dong…untuk pasar ekspor sebaiknya anda sering-sering main ke departemen perindustrian & perdagangan di kota anda agar mengetahui aturan dan tata cara ekspor (susah??? kalo malas hehehe…) soalnya itu yang dev lakukan.

bagaimana???? tertarik??? saran saya ga usah pikir lama-lama deh..cepetan, sebelum saya yang mulai hehehehe….

1 Komentar

  1. TORAM said,

    Juni 27, 2008 pada 4:37 am

    weee, anda ada di malang ta?
    lak podo bos..
    Yang ini baru pancing namanya hehehehe… masuk bos..
    saya pernah baca juga ide yang kurang lebih sama dengan temen anda (dev), cuman kontennya aja yang beda dan saya sepakat bgt dengan ide yang berawal dari kerjasama dengan sektor bisnis ukm seperti diatas. simbiosis mutualisme gt deh..🙂.
    Pernah jg c ada ide mo bikin toko rokok online..eehh ternyata begitu diliat di paman google ternyata dah bejibun tuh bisnis jual rokok online. rata2 home based mereka di bali.
    meskipun sekarang lagi blank ide tetapi saya coba terus buat berkhayal kali aja ada yang nyangkut hehe…
    terus posting “pancing-pancing” yang lain bos SEMANGAT!!


Tinggalkan Balasan

