Peluang Bisnis Musiman..??

Di negara ini mungkin secara resmi hanya ada 2 musim yang berlaku…yaitu musim Hujan dan musim Kemarau. Bisnis kecil yang dijalankan memanfaatkan musim itu mungkin mudah dan sangat banyak dilakukan..bila sedang musim kemarau, jualan es campur atau es teler akan sangat menguntungkan (tergantung rasa dan lokasi tentu), Bila sedang musim hujan, berjualan wedang jahe panas baik kaki lima atau yang istilahnya “ngider” ke rumah-rumah juga sangat tepat, atau jadi ojek payung di mall-mall juga berprospek bagus (hehe).

Tulisan saya kali ini bukan hendak mengupas peluang bisnis di kedua musim tersebut, tapi seperti yang kita tahu, di negara kita ini selain 2 musim itu, juga masih banyak musim-musim lainnya yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan cuaca..contohnya musim layangan, musim buah-buahan dll (tull gak?), dengan kata lain tulisan saya kali ini akan sedikit mengupas tentang peluang bisnis yang bagus dilakukan pada saat terjadi fenomena besar tertentu atau fenomena yang rutin terjadi dengan siklus tertentu.

ok..kita mulai…

Pertama-tama saya mau bercerita tentang cerita salah satu anggota milis bisnis yang saya ikuti..lokasinya di Solo..yang Ia lakukan sederhana saja, Ia hanya melihat peluang saat anak-anak sekolah sedang sibuk menyiapkan tahun ajaran baru mereka saat ini..Ia menjual formulir-formulir pendaftaran sekolah-sekolah dengan harga 1000 rupiah..modalnya hanya fotocopy seharga cepe’ (Rp 100)!! walaupun katanya tidak bisa bikin kaya tetapi cukuplah buat jajan dan makan lumayan enak selama 2 minggu..

ok..mungkin yang dilakukan teman di cerita diatas tadi hanya iseng dan kebetulan ada peluang…lalu bagaimana dengan yang ingin serius memanfaatkan musim tertentu dan meraup keuntungan cukup besar??

Pengalaman dari salah satu anggota milis juga, yang lokasinya di jakarta, memanfaatkan momen uber dan thomas cup yang lalu, ia berhasil meraup keuntungan hingga 1 juta sehari..Apa yang ia jual?? Sederhana..Ia hanya menjual raket badminton, kaus bergambar para pemain Indonesia, bendera merah putih, hingga balon plastik panjang pengganti tepuk tangan yang sering kita lihat digunakan penonton pada saat pertandingan…dengan memakai space disekitar stadion dan melihat jumlah penonton yang datang mencapai ribuan setiap harinya, Saya pikir sangat wajar bila Ia bisa memperoleh keuntungan yang besar dari momen selama 2 minggu tersebut.

nah bagaimana? ingin bergabung kan dengan mereka??

banyak momen yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis..selain contoh diatas masih banyak lagi momen tertentu, seperti:

  • Momen Pilkada / Pemilu : Bisnis Percetakan, Spanduk, Kaos, Selebaran/flyer sampai ke bisnis pengerahan massa bisa Anda lakukan (hehe).
  • Momen Ramadhan : bisnis kue kering, bisnis pakaian muslim, bisnis katering dll..Asal jangan bisnis jual beli pahala saja lho!!
  • Momen Hari raya kurban/haji : bisnis jual kambing atau sapi, makelar biro perjalanan haji, bisnis perlengkapan haji..Sampai ke bisnis tukang jagal/potong hewan kurban juga bisa!!
  • Momen Imlek : bisnis perlengkapan dan aksesoris imlek.

Memanfaatkan isu-isu tertentu saat ini juga cukup bagus peluangnya, seperti isu suap kejaksaan oleh Artalyta Suryani, yang mana dari isu ini apabila ada grup band yang cukup kreatif untuk membuat lagu dari percakapan telepon antara artalyta dan para pejabat kejaksaan, maka lagu dan group band tersebut pasti akan cukup besar memperoleh keuntungan.  Kenapa tidak???

Isu kenaikan BBM juga bisa dimanfaatkan dengan berbisnis alat-alat penghemat BBM yang cukup banyak dipasaran..atau jika cukup berani maka bisa juga Anda berbisnis kompor berbahan bakar batubara (briket) yang saya yakin akan cukup banyak peminatnya di kondisi saat ini.

Isu kenaikan LPG juga bisa Anda manfaatkan dengan menjadi agen elpiji 3 kg yang sampai saat ini masih disubsidi oleh pemerintah..dan Saya yakin para pemakai LPG 12 kg akan beralih memakai LPG 3 kg karena harganya yang murah!!

Bagaimana? Ada usul lain???

1 Komentar

  1. Dedi jaya said,

    Maret 13, 2012 pada 10:11 am

    Ingin tau caranya membuat kerajinan tangan dari bahan sampah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: