Peluang Bisnis / Ide Gila 1 : Memanfaatkan Pengangguran

bingung kan sama judul diatas?? sama… wong saya juga bingung kok, tapi apalah arti sebuah judul…yang penting kan isinya..

ok tuan-tuan dan nyonya-nyonya, kali ini Saya ingin coba membahas sebuah peluang usaha baru yang mungkin bisa Anda terapkan…lets begin!!

ada berapa banyak pengangguran di Indonesia saat ini? jutaan atau puluhan juta? untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini atau disini, bagaimana dengan di Jawa Timur saja misalnya..ada berapa jumlah pengangguran di propinsi ini? bisa Anda lihat disini atau disini.

jumlah pengangguran yang besar itu sebenarnya adalah pasar potensial untuk digarap, tapi dengan catatan tidak pakai tipu menipu seperti kebanyakan agen tenaga kerja ke luar negeri yang justru merugikan para pengangguran. Yang saya ingin ulas disini adalah semacam jasa “one stop” bagi para pencari kerja.

HOW??

Cara memulainya, Anda cukup menyediakan semacam rumah singgah bagi para pemburu kerja dimana rumah singgah itu menyediakan segala macam fasilitas dan juga informasi yang dibutuhkan para pencari kerja. rumah singgah itu tidak perlu terlalu besar, bisa anda pakai salah satu ruangan dirumah anda atau menyewa, yang terpenting aksesnya strategis dan nyaman. setting ruangan sesuai dengan selera Anda.

lalu apa saja sih yang dibutuhkan oleh para pencari kerja??

yang utama pastinya adalah pekerjaan hehehe..tapi bila Anda tidak bisa memberikan pekerjaan pada mereka, maka peran Anda adalah membantu mereka menemukannya, dengan menggunakan segalanya yang bisa Anda berikan untuk membantu..penuhi segala keperluan mereka untuk mencari pekerjaan misalnya didalam rumah singgah itu nantinya bisa Anda pasang papan pengumuman yang berisi lowongan-lowongan pekerjaan dari koran-koran nasional dan lokal, juga lowongan pekerjaan yang ada di Internet. selain itu bisa juga berisi tentang tips-tips dan kata-kata motivasi bagi mereka. hal ini akan menguntungkan bagi para pencari kerja, karena mereka tidak perlu membeli banyak koran untuk melihat informasi lowongan pekerjaan.

Fasilitas lainnya yang bisa Anda berikan adalah akses internet dengan batas waktu tertentu..ingat!! batas waktu bukan biaya tertentu..mereka tentu berkepentingan untuk mengakses internet dalam perburuan mereka.

Anda juga bisa memberikan semacam kursus singkat tentang bagaimana caranya menulis surat lamaran yang baik..atau kursus untuk menghadapi interview /wawancara kerja, baik itu tentang cara berbicara atau cara berpenampilan yang menarik dan berkesan.

Lalu Anda pasti bertanya-tanya darimana Anda mendapatkan uang dari bisnis ini bukan?? hehehehe…sabar dong..

Ada ungkapan seperti ini “konsep marketing itu adalah memberikan secara terus menerus apa yang orang butuhkan..terus..terus…berikan, maka Anda akan tahu kapan anda akan menerima”.

yang terpenting dari bisnis rumah singgah ini adalah faktor kalinya, atau kuantitas orang yang datang..jadi promosi yang efektif sangat diperlukan untuk mendatangkan trafic.

Ada seseorang di kalimantan yang memulai bisnis ini 2 tahun yang lalu, awalnya hanya sebagai bisnis sampingan..namun semakin hari semakin besar..omsetnya sehari bisa mencapai 500 ribu bersih…cukup sederhana..ia hanya menyediakan semacam kotak “sumbangan” di ruangan tengah rumah singgah tersebut, ia hanya mematok tarif minimal 3000 untuk semua fasilitas yang disediakan..apa saja fasilitasnya? sangat lengkap..selain menyediakan majalah, koran-koran harian nasional maupun lokal, internet dengan minimal pemakaian 30 menit dan selebihnya dikenakan biaya 1000/ jamnya, ia juga membuka kursus singkat seperti yang saya sebutkan diatas, bahkan ia juga menyewakan baju-baju formal untuk keperluan wawancara kerja dengan tarif luar biasa murah. Bila perharinya ada sekitar 100 orang yang datang dan membayar 3000, omset perhari bisa 300.000..sebulan mencapai 9 juta!!

TIPS

Namun seperti yang dikatakannya..awalnya jangan berharap mencapai keuntungan yang besar terlebih dahulu, promosi dan promosi adalah faktor terpenting..jangan mematok tarif yang terlalu tinggi karena pasar anda adalah para pengangguran yang tentu saja memerlukan uang bukan sebaliknya, jadi memasang tarif yang murah adalah kuncinya..kesan bahwa Anda ingin membantu akan tercermin dari tarif dan fasilitas yang anda berikan..seperti yang Saya katakan..faktor kali adalah yang terpenting!!

4 Komentar

  1. Agustus 22, 2008 pada 7:45 pm

    idenya bagus, tapi sayang saya masih seorang kontraktor…;-)

  2. allfine said,

    Mei 5, 2010 pada 6:06 am

    Wuw., bagus banget info’y.,
    http://allfine.wordpress.com

  3. teddy said,

    Maret 28, 2014 pada 11:05 am

    Good ide,, he,he,he

  4. Anik said,

    Agustus 16, 2016 pada 4:33 am

    Bagus banget gan ide tpi sayanx bingung awali semua kena ada modal ea bos…sewa rumah pastinya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: